Analisis Regulasi JKN chapter 1

Literatur Review Mengenai Regulasi JKN dan Regulasi Terkait

Moderator: Budi Eko Siswoyo

Sebagai serangkaian kegiatan riset implementasi, hasil pertemuan konsultasi di tingkat pusat dan daerah menunjukkan bahwa regulasi menjadi masalah utama dalam implementasi JKN, salah satunya disebabkan oleh kekurangpahaman secara utuh terhadap regulasi JKN. Regulasi mempengaruhi pelayanan kesehatan primer secara langsung maupun tidak langsung, dari dimensi ketersediaan SDM kesehatan, kapasitas fasilitas kesehatan, peran dinas kesehatan serta pemerintah daerah. Untuk dapat memahami regulasi secara utuh, forum diskusi ini akan terdiri dari beberapa tahap seperti: (1) pemetaan regulasi-regulasi terkait JKN, pelayanan kesehatan primer, serta keduanya baik di tingkat pusat maupun daerah; (2) identifikasi permasalahan implementasi yang berakar atau dapat diselesaikan dengan regulasi; serta (3) menelaah adanya perbedaan antara implementasi di lapangan dengan rancangan kebijakan JKN di pelayanan kesehatan primer.

Untuk memahami berbagai regulasi dalam kebijakan JKN yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan primer, maka ada beberapa literature review singkat mengenai beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelumnya, antara lain:

  1. Pelayanan Kesehatan Primer di era JKN (lebih lanjut klik di sini)
  2. Peran Puskesmas sebagai penyedia pelayanan kesehatan primer di era JKN (lebih lanjut klik di sini)
  3. Peran FKTP swasta sebagai penyedia pelayanan kesehatan primer di era JKN (lebih lanjut klik di sini)
  4. Perkembangan Jejaring FKTP dengan BPJS Kesehatan (lebih lanjut klik di sini)
  5. Indikator Kinerja (Performance) untuk Pelayanan Primer (lebih lanjut klik di sini)

Berikut materi yang dapat dipelajari mengenai analisis regulasi JKN:

Arsip Video

Arsip DIskusi CoP 
Browse top selling WordPress Themes & Templates on ThemeForest. This list updates every week with the top selling and best WordPress Themes www.bigtheme.net/wordpress/themeforest