Sub Penelitian 1

Pengantar

Riset implementasi JKN siklus pertama terdiri atas 3 sub-penelitian dengan sub-penelitian 1 berfokus pada analisis regulasi terkait JKN dan pelayanan kesehatan primer. Dari hasil analisis regulasi ini, akan disusun suatu pemetaan yang menggambarkan bagaimana situasi pelaksanaan regulasi dan kebijakan JKN di lapangan.

Di tahap sub-penelitian 1 ini berbagai regulasi baik dari tingkat pusat dan daerah ditelaah dan ditinjau dari aspek keterkaitan dan kesesuaian satu sama lain. Inisiasi studi mengenai regulasi dalam penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi semua regulasi, baik dalam kerangka JKN maupun dalam penyelenggaraan pelayanan primer di tingkat pusat dan daerah secara intensif dan menyeluruh menggunakan metode yang tergambar di Diagram di bawah ini.

Metode Analisis Regulasi

Isu implementasi JKN yang utama merupakan hasil dari kunjungan ke 5 kabupaten/ kota yang terlibat penelitian serta diskusi dengan FKTP di wilayah Jabodetabek. Hasil dari analisis regulasi ini telah didiskusikan dengan perwakilan dari PPJK, Direktorat Pelayanan Primer dan Biro Hukum Kementerian Kesehatan di Yogyakarta, 23 Maret 2016.


|Simpulan|Ketimpangan Kapitasi|Promotif-Preventif UKM|Manajemen Dana Kapitasi|Rujuk dan Rujuk-balik|Kepesertaan|

KEMITRAAN


USAID           pkmk eng  

Program ini merupakan upaya kolaboratif antara berbagai ahli dan pemegang kebijakan dalam pengembangan sistem kesehatan yang terdiri atas USAID, Health Finance & Governance Project, Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, dan berbagai insititusi lainnya.

Visitor Counter

Today 91

Yesterday 127

Week 218

Month 2102

All 25526

Currently are 4 guests and no members online

About Website

This website is made possible by the support of the American people through the United States Agency for International Development (USAID). The contents are the sole responsibility of Indonesian Implementation Research for UHC Program and do not reflect the views of USAID or the United States Government.

Copyright © 2018 Indonesia-Implementationresearch-uhc

Search