Penguatan Sistem Penilaian Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Di Kota Jayapura

Jayapura, 31 Januari 2018 - IR, bertempat di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (PKMK FK UGM) bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Cendrawasih Jayapura mengadakan kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Riset Implementasi Kebijakan JKN Siklus 2 di Kota Jayapura. Kegiatan ini terdiri dari presentasi hasil riset studi, penyampaian rekomendasi kebijakan yang juga disajikan dalam bentuk hardcopy policy brief (ringkasan kebijakan) serta diskusi dan pembahasan tindak lanjut hasil rekomendasi di Kota Jayapura.

Secara umum, topik utama dalam riset siklus 2 ini adalah “Penguatan Sistem Penilaian Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Kota Jayapura”. Topik ini merupakan hasil dari diskusi permasalahan utama daerah pada saat dilakukan diseminasi hasil riset di tingkat nasional antara PKMK FK UGM, Uncen, dinas kesehatan provinsi dan kota, puskesmas, serta klinik swasta. Diseminasi hasil riset di Kota Jayapura ini dihadiri oleh perwakilan Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer (PKP) Kementrian Kesehatan RI, BPJS Subdit Maternal dan Neonatal Kementerian Kesehatan RI, BPJS Kesehatan cabang kota Jayapura, Pemerintah Daerah Kota Jayapura (Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Dinas Sosial), Puskesmas dan Klinik Swasta setempat. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Arif Dwi Darmanto, SKM.,M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura.

Kegiatan ini terbagi dalam tiga presentasi utama. Pemaparan pertama terkait hasil penelitian secara umum di Kota Jayapura disampaikan oleh Apriyana Irjayanti, SKM., M.Kes dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cendrawasih. Presentasi ini menggarisbawahi beberapa isu penting seperti proporsi jasa pelayanan kapitasi sangat mempengaruhi besaran jumlah pendapatan petugas kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tersampel Tidak Dapat Memenuhi Indikator Angka Kontak dalam Penilaian Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan dari BPJS Kesehatan, teridentifikasinya beberapa Tantangan yang Menjadi Penyebab Kegagalan Pencapaian Angka Kontak oleh FKTP (wilayah kerja puskesmas yang terlalu luas dan beberapa daerah sulit dijangkau, syarat dalam penghitungan angka kontak, pasien yang mengakses layanan kesehatan tidak memiliki kartu JKN menyebabkan kesalahan, serta belum adanya kesepakatan yang jelas mengenai “mapping area” terkait pelayanan kesehatan antara Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan BPJS Kesehatan Cabang, angka kontak ini cukup mempengaruhi ketimpangan perolehan dana kapitasi di FKTP), serta terbatasnya kapasitas Pemerintah Daerah dalam Mengatur Indikator Kinerja FKTP.(*Aulia Novelira, SKM.,M.Kes)


Hasil Studi


KEMITRAAN


USAID           pkmk eng  

Program ini merupakan upaya kolaboratif antara berbagai ahli dan pemegang kebijakan dalam pengembangan sistem kesehatan yang terdiri atas USAID, Health Finance & Governance Project, Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, dan berbagai insititusi lainnya.

Visitor Counter

Today 33

Yesterday 120

Week 288

Month 4516

All 31817

Currently are 5 guests and no members online

About Website

This website is made possible by the support of the American people through the United States Agency for International Development (USAID). The contents are the sole responsibility of Indonesian Implementation Research for UHC Program and do not reflect the views of USAID or the United States Government.

Copyright © 2018 Indonesia-Implementationresearch-uhc

Search